Kamis, 29 Oktober 2015

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Wartawan?

Apa kompetensi yang harus dimiliki untuk menjadi seorang wartawan, terutama seorang wartawan BBC?

Pertanyaan ini yang harus dijawab oleh sekitar 120 mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi BBC Future Journalist Award 2015.


Lomba yang diadakan oleh BBC Global News dan Indovision ini berniat untuk memilih dua mahasiswa berbakat yang akan dilatih untuk menjadi calon wartawan di pusat BBC, London selama enam hari.

Pendaftaran dibuka bulan Agustus lalu dan berhasil menarik minat sekitar 120 mahasiswa.
Namun setelah melewati proses seleksi, hanya 20 mahasiswa yang dipilih untuk mengikuti serangkaian lokakarya pada pertengahan Oktober lalu.

Para finalis harus membuktikan bahwa mereka layak mendapatkan pelatihan di London tersebut karena memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang wartawan.

Mereka harus menunjukkan pemahaman mereka mengenai berita yang baik - terutama berita untuk televisi, bagaimana menetapkan prioritas ketika bertugas, bagaimana berespons ketika ada breaking news (berita besar yang tiba-tiba terjadi), kemampuan bekerja dalam tim maupun secara individu dan memiliki kepribadian yang tidak mudah menyerah, kritis namun tetap obyektif.

Memotivasi

Naomi Indartiningrum dari Universitas Prasetiya Mulya Jakarta dan Jennifer Sidharta dari Universitas Multimedia Nusantara akhirnya terpilih sebagai pemenang kompetisi.

Jennifer Sidharta mengaku kompetisi ini adalah kesempatan yang baik baginya untuk belajar jurnalistik karena dia sejak lama bercita-cita menjadi seorang wartawan.

“Pertamanya sih mungkin aku sempat punya banyak alasan (untuk menjadi wartawan). Salah satunya, aku suka nulis. Aku ingin tulisanku itu berdampak buat orang,” jelas Jennifer.

Sedangkan Noami Indartiningrum, yang saat ini merupakan seorang mahasiswa jurusan bisnis, mengatakan dia kaget dan bersyukur bisa memenangkan lomba tersebut.

“Kan dari kecil gak dibolehin gitu loh, jadi saya mencoba cari-cari cara supaya bisa ikut kegiatan jurnalistik lalu mulai bisa menjelaskan kepada orang tua mengenai apa yang saya inginkan,” tutur Naomi.

Baik pihak BBC Global News dan Indovision mengatakan para peserta memiliki potensi yang besar untuk menjadi wartawan dan berharap ajang tersebut memotivasi mereka untuk meraih cita-citanya.

Tulisan ini dari BBC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar