Selasa, 10 November 2015

Google Perbaiki Masalah Terbesar Android

Google sedang rajin menegosiasikan kesepakatan dengan para pembuat chip, demi membenahi fragmentasi. Ini memang menjadi masalah terbesar OS Android selama ini.


Melalui kerjasama langsung dengan mitra pembuat chip, Google berupaya menciptakan hardware yang bekerja dengan mulus dengan Android, seperti produk besutan Apple dengan iOS.

Android menjadi isu serius bagi Google, pembuat perangkat dan pengguna. Mereka harus menghadapi hardware lama, masalah keamanan dan pengalaman menggunakan perangkat di bawah standar.

Seperti dilansir The Information, Selasa (10/11/2015), ada lebih dari 18.700 versi Android berbeda, dibandingkan Apple -- dengan iOS -- yang hanya ada lima atau enam versi.

Google ingin menggunakan pendekatan yang lebih seperti Apple. Caranya dengan menggabungkan fungsi utama ponsel ke dalam satu chip. Dalam negosiasinya, Google meminta para pembuat chip untuk memasukkan fungsi unit kamera yang lebih canggih, meningkatkan memori dan efisiensi daya.

Tentunya akan ada tantangan di setiap kebijakan yang akan diambil, salah satunya akan berdampak pada margin keuntungan para pembuat handset Android, mulai dari Samsung sampai HTC.

Para vendor ini sudah mendapat tekanan di tengah persaingan. Sehingga mereka akan pilih-pilih strategi dan cenderung lebih memilih langkah yang lebih cepat terlihat dampaknya.

Di sisi lain, jika Google berhasil melakukannya dengan baik, pengguna akan diuntungkan dengan pengalaman menggunakan perangkat Android yang lebih baik secara keseluruhan.

Tulisan ini dari Detikinet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar